ABSTRAKSI

Dalam menghadapi kemajuan era-globalisasi sekarang ini, teknologi merupakan hal yang sangat penting dalam pengolahan data baik data perorangan maupun data instansi lainnya, dikarenakan suatu informasi dikatakan bermanfaat apabila berguna bagi pemakainya juga dapat tersaji dengan baik dan tepat pada waktunya. Pada umumnya di dalam dunia pendidikan dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu proses pengolahan data administrasi yang dilakukan setiap bulan termasuk proses lainnya yang berkaitan dengan hal tersebut. proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Sebagai sebuah lembaga pendidikan, tentu saja memerlukan sebuah sistem informasi untuk menunjang kinerja tersebut. Hal ini terutama dibutuhkan untuk bagian administrasi dan yang mana seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan maka dibutuhkan sebuah sistem informasi untuk menunjang kinerja dari bagian tersebut. Untuk menunjang kinerja dari bagian administrasi , dibutuhkan dukungan baik dari pembimbing dan asisten maupun dari system aplikasi yang dipakai saat ini. Sistem yang dipakai oleh bagian administrasi masih menggunakan sistem aplikasi informasi yang semi terkomputerisasi yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi spreadsheet berupa Microsoft Excel. Sistem ini adalah sistem yang bersifat semi otomatis karena tidak semua fungsi operasional dilakukan secara otomatis oleh komputer. Tetapi ada beberapa fungsi yang masih dilakukan secara manual seperti input data dalam tabel, perubahan data (dalam volume kecil maupun besar), dan sebagainya.
Sistem aplikasi yang bersifat semi otomatis ini tidak akan mampu lagi untuk menyokong kebutuhan dan harus digantikan. Untuk itu perlu dikembangkan sebuah sistem baru yang dapat mendukung kinerja dari khususnya bagian kurikulum dan kesiswaan . Karena pentingnya permasalahan yang sudah diterangkan dimuka penulis merasa tertarik yang akhirnya penulis tuangkan dalam Tugas Akhir di AMIK Wahana Mandiri, adapun judul yang penulis ambil adalah “Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran Administrasi Sekolah dengan menggunakan BorlanDelphi”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda.........