bab IV

BAB IV
PERANCANGAN SISTEM

4.1 Analisis Perancangan Sistem

Analisis perancangan pada suatu sistem yang sedang berjalan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses kerja yang sedang dikerjakan pada sistem tersebut. Dimana analisa sistem merupakan proses mempelajari suatu sistem dengan cara menguraikan sistem tersebut kedalam elemen yang membentuknya, dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan, sehingga dapat diusulkan perbaikanperbaikan yang akan dilakukan pada sistem tersebut. Analisis sistem yang berjalan merupakan suatu gambaran tentang sistem yang diamati yang sedang berjalan saat ini, sehingga kelebihan dan kekurangan dari sistem yang sedang berjalan dapat diketahui. Analisis sistem yang berjalan juga dapat memudahkan dalam perancangan sistem yang baru.
Perencanaan sistem merupakan syarat untuk melakukan pengembangan sistem. Perencanaan sistem ini menyangkut estimasi dari kebutuhan-kebutuhan fisik, tenaga kerja dan dana yang dibutuhkan untuk mendukung pengembangan sistem serta untuk mendukung operasinya setelah diterapkan.
Perancangan sistem dapat diartikan sebagai :
1. Tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem.
2. Pendefinisian atas kebutuhan-kebutuhan fungsional.
3. Persiapan untuk rancang bangun implementasi.
4. Menggambarkan sistem yang akan dibentuk, berupa penggambaran perencanaan, pembuatan sketsa, pengaturan dari beberapa elemen terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi.
5. Konfigurasi komponen software dan hardware sistem.
4.2.1 Tujuan Perancangan Sistem
• Dengan adanya system informasi pemesanan produk yang baru ini akan memudahkan perusahaan dalam mengolah data- data produk pesanan dengan mudah dan evisien.
• Dengan Sistem informasi pemesanan Produk yang ada ini dapat memudahkan bagian Administrasi dalam mengolah data - data perusahaan
4.2.2 Gambaran Umum Sistem Yang Diusulkan
Sistem yang diusulkan untuk pengolahan data pemesanan produk dilakukandengan system komputerisasi, dimana para calon customer yang memesan dapat di akses pada system yang akan dibuat ini. Dalam hal ini PT.Lestari Busana Anggun Mahkota bertindak sebagai administrator dan user merupakan para customer.
4.2.3 Perancangan Prosedur Yang Diusulkan
Perancangan ini mencakup use case diagram, activity diagram, collaboration diagram, class diagram, sequence diagram, component diagram dan deployment diagram yang menghasilkan sistem lebih baik. Proses yang dirancang diuraikan menjadi beberapa bagian yang dapat membentuk sistem tersebut menjadi satu kesatuan komponen.
4.2.3.1 Model Use Case
Use case adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.
Gambar 4.1 Use Case Diagram


4.2.2.2 Skenario Use Case
Skenario Use Case digunakan untuk memudahkan dalam menganalisa skenario yang akan kita gunakan pada fase-fase selanjutnya dengan melakukan penilaian terhadap skenario tersebut.

4.2.2.2.1 Skenario Use Case Customer
1. Skenario Use Case Customer Registrasi
Nama Use Case : Customer Registrasi Acator : Customer
Tujuan : Manjadi Customer
Actor : Menjadi Customer
Deskripsi : Customer mengisi form registrasi Customer, sistem memproses pendaftaran, data di simpan di database.

Tabel 4.1 Use Case Customer
Actor Sistem
Customer melakukan Regristrasi
Marketing mencatat data Customer dan disampaikan ke bagian administrasi.



2. Sekeario Use Case Registrasi Pesanan

Nama Use Cas : Registrasi Pesanan
Actor : Customer
Tujuan : Menjadi Customer
Deskripsi Customer melakukan regristrasi data pesanan .

Tabe 4.2 Use Case Regristrasi Pemesanan
Actor Sistem
Customer regristrasi pemesanan produk
Data pemesanan disimpan ke database oleh bagian administrasi.

3. Skenario Use Case Admin

Skenario Use Case Forum Diskusi

Nama Use Case : Forum Diskusi
Actor : Admin
Tujuan : Melakukan Diskusi
Deskripsi : Admin dapat melakukan diskusi dengan para Customer


Tabel 4.7 Tabel Use Case Forum Diskusi
Actor Sistem
Admin membuka forum diskusi setelah regristrasi
Admin melakukan diskusi bersama Customer

4. Skenario Use Case Manager
• Skenario Use Case Laporan
Nama Use Case : Laporan
Actor : Manager
Tujuan : Melakukan Laporan
Deskripsi : Admin melakukan laporan pemesanan produk kepada manager .
Tabel 4.7 Tabel Use Case Laporan
Actor Sistem
Admin melaporkan mengenai data pemesanan customer
Manager menerima Laporan data pesanan dari bagian administrasi

Sequance Diagram
Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan interaksi antar objek dalam waktu yang berurutan. Tetapi pada dasarnya sequence Diagram selain digunakan dalam lapisan abstraksi model objek. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object, sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem. Komponen utama sequence diagram terdiri atas objek yang dituliskan dengan kotak segi empat bernama pesan diwakili oleh garis dengan tanda panah dan waktu yang ditunjukkan dengan proses vertical.

Pembuatan Pemograman system informasi pemesanan produk Oracle Developher
Dalam pembuatan sistem ini, penulis menyertakan beberapa form yang berfungsi sebagai penghubung data dari Oracle Developher ke Database Oracle Server. Form tersebut antara lain :
1. Form Menu utama.
2. Form Customer.
3. Form Employee.
4. Form Produk.
5. Form Category.
6. Form Order.
7. Form OrderDetail

8 Form Report
Sebelum mendesain suatu form, Oracle developher perlu dilakukan pensetingan. Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut :
1. Aktifkan Form Builder (akan terlihat obyek navigator)









Gambar 4.2 Objek Navigator
2. Form bulder telah memberi nama modul yang pertama kali kita buat
dengan nama ganti nama tersebut menjadi ,
dengan mengklik modul dua kali dan ketik nama baru tersebut.
3. Terlihat bahwa form builder telah membuat satu window, untuk melihat
window tersebut klik tanda (+) di posisi window, akan terlihat
, Ganti namanya dengan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda.........