Proposal TA

PROPOSAL TUGAS AKHIR
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PRODUK DI PT. LESTARI BUSANA ANGGUN MAHKOTA CIRENDEUTANGERANG SELATAN MENGGUNAKAN ORACLE DEVELOPER 6i DAN DATABASE ORACLE 9i

1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Mengamati kemajuan era-globalisasi sekarang ini, teknologi indormasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengolahan data, baik data perorangan maupun data instansi lainnya, dikarenakan suatu informasi dikatakan bermanfaat apabila berguna bagi pemakainya juga dapat tersaji dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam hal ini manusia sebagai subjek utama di bidang informasi, baik sebagai pemberi maupun sebagai penerima informasi secara tidak langsung dituntut untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada. Namun dengan keterbatasan kemampuan manusia maka diperlukan suatu sistem, alat atau metode yang dapat membantu manusia untuk mengolah informasi yang dibutuhkan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
Komputer merupakan salah satu alat yang sangat popular,yang memungkinkan penggunaan secara bersama data yang yang dimiliki oleh suatu perusahaan,diperlukan suatu system yang dapat mengatur penggunaan data tersebut secara efektif,mudah dan aman. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa komputer merupakan alat yang sangat berpengaruh dalam semua kegiatan dan bidang usaha saat ini yang dapat mengoptimalkan kinerja sebuah perusahaan.
Seiring dengan kecenderungan pemakainan Sistem yang dipakai saat ini. masih menggunakan sistem informasi yang semi terkomputerisasi yaitu dengan menggunakan sebuah aplikasi spreadsheet berupa Microsoft Excel. Sistem ini adalah sistem yang bersifat semi otomatis karena tidak semua fungsi operasional dilakukan secara otomatis oleh komputer. Tetapi ada beberapa fungsi yang masih dilakukan secara manual seperti input data dalam tabel, perubahan data (dalam volume kecil maupun besar), dan sebagainya
Karena pentingnya permasalahan yang sudah diterangkan diatas penulis merasa tertarik yang akhirnya penulis tuangkan dalam Tugas Akhir yang merupakan salah satu syarat dalam menyelesaikan program studi di AMIK Wahana Mandiri, adapun judul yang penulis ambil adalah

“PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN PRODAK PADA PT LESTARI BUSANA ANGGUN MAHKOTA CIRENDEU,TANGERANG SELETAN MENGGUNAKAN ORACLE DEVELOPER 6i DAN DATABASE ORACLE 9i

1.2 IDENTIFIKASI/RUMUSAN MASALAH

Peran kemajuan Teknologi dalam hal ini Komputer sangat berpengaruh kepada peningkatan kinerja karyawan yang diharapkan dapat mempunyai keefisienan dalam bekerja. Komputer berguna sebagai alat bantu bagi karyawan dalam menyelesaikan segala pekerjaannya yang berhubungan dengan pendataan sehingga dalam pemprosesan data tidak memakan waktu yang cukup lama. Seperti dalam hal pendataan prodak pesanan pada PT.Lstari Busana Anggun Mahkota diperlukan suatu aplikasi komputer yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam pendataan, dengan harapan melalui komputerisasi informasi yang dibutuhkan dapat terpenuhi secara cepat dan tepat guna.
Berdasarkan latar belakang yang telah diungkapkan di atas, dapat diambil beberapa rumusan masalah bahwah ini :

1. Bagaimana peranan sistem yang baru dapat menggantikan sistem yang lama sehingga dalam proses pengolahan data bisa lebih cepat dan efisien?
2. Bagaimana sistem dapat berfungsi sebagai media penyimpanan data yang aman ?
3. Bagaimana sistem dapat menghasilkan laporan data baik per bulan maupun per tahunan?

1.3 MAKSUD DAN TUJUAN PENULISAN

 Berkaitan dengan uraian diatas maka yang menjadi tujuan penulisan adalah:
 Mengganti sistem yang telah ada dengan sistem yang baru berdasarkan keperluan, sehingga dapat mengefisienkan kinerja karyawan dan mendapatkan hasil yang lebih baik.
 Mempercepat proses pengolahan data pada perusahaan sehingga dengan adanya sistem ini, Informasi yang dibutuhkan dapat terpenuhi secara cepat dan tepat.

1.4 TUJUAN PENULISAN

 Untuk menambah wawasan penulis dalam bidang pembuatan Sistem Informasi serta mengetahui dan membuktikan teori yang didapat selama masa kuliah dikaitkan dengan praktek yang di implementasikan oleh suatu perusahaan/instansi/lembaga.
 Dengan Tugas Akhir ini penulis dapat memberikan sesuatu yang berguna bagi perusahaan/instansi atau bagi orang yang membutuhkannya.
 Tugas Akhir ini juga merupakan syarat kelulusan program Diploma III jurusan Manajemen Informatika di AMIK WAHANA MANDIRI.

1.5 RUANG LINGKUP / BATASAN MASALAH

Dalam penulisan Tugas Akhir ini , penulis membatasi masalah pada pembuatan Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Produk Pesanan hanya berhubungan dengan seluruh data yang telah diperoleh dari perusahaan dan masing-masing masyarakat yang kemudian dibuat rekap data keseluruhan. Adapun dalam pembuatan Sistem ini penulis menggunakan program ORACLE DEVELOPER 6i DAN DATABASE ORACLE 9i.

1.6 METODE PENELITIAN

Adapun Metodelogi penelitian yang penulis gunakan untuk memperoleh data–data yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

a) Riset Kepustakaan ( Library Research )
Dengan metode ini penulis mencari data dengan cara membaca dan memperlajari buku–buku pengetahuan yang berhubungan dengan judul atau masalah yang penulis teliti.

b) Riset Lapangan ( Field Research )

Riset lapangan secara teoritis terbagi menjadi dua bagian yaitu :

c) Wawancara ( Interview )

Adalah pengumpulan data dengan melakukan tanya jawab secara lisan dengan petugas yang dapat memberikan informasi sesuai dengan data yang dibutuhkan penulis.

d) Pengamatan Langsung( Observation )

Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan secara langsung ke tempat yang menjadi objek penelitian.

e) Perancangan Sistem

yaitu metode penelitian yang dilakukan secara tidak langsung atau dengan mempelajari bahan-bahan yang telah di dapat untuk di teliti.

1.7 SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam penulisan Tugas Akhir ini penulis membagi beberapa bab dan tiap bab menerangkan secara garis besar pokok-pokok pembahasan didalam Tugas Akhir ini dengan membagi lagi menjadi sub bab, dengan maksud agar pembaca dengan mudah dapat memahami materi yang dibahas serta dapat dengan mudah dapat memehami materi yang dibahas serta dapat dengan mudah menyimpulkanya. Adapun sistematika penulisan yang disajikan adalah sebagai berikut :

B A B I : PENDAHULUAN

Bab ini menguraikan segala sesuatu yang berhubungan dengan Tugas Akhir, atau gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas, seperti latar belakang penulisan, permasalahan, tujuan penulisan, batasan masalah, metode penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II :LANDASAN TEORI
Pada bab ini penulis memberikan penjelasan mengenai Konsep Dasar Sistem, Konsep Dasar Sistem Informasi, Dekomposisi Fungsi,Analisa proses,analisa masukan ,Pengertian oracle, serta Teori-teori Pendukung Judul..

B A B III : PERANCANGAN SISTEM ( SISTEM USULAN )

Pada bab ini penulis memberikan penjelasan mengenai Analisis Sistem, Analisis Permasalahan, Analisis Kebutuhan Sistem, Metodologi Pemodelan sistem berbasis UML, Perancangan Tampilan, Struktur Menu.


BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Pada bab ini penulis memberikan penjelasan mengenai Implementasi Data Base dan Implementasi Sistem informasi.


B A B V : PENUTUP

Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari hasil pembuatan aplikasi ini, disertai saran-saran dari penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tulis komentar anda.........